11 Maret 2019

ELEKTABILITAS JOKOWI TERSERANG HOAX

Akui Elektabilitas Jokowi Turun Akibat Diserang Hoax, TKN: Tapi Tak Anjlok

Presiden Petahana, Joko Widodo (Jokowi) sempat menyebut jika elektabilitasnya sempat turun di beberapa daerah akibat hoax. Pernyataan Jokowi itu dibenarkan Wakil Ketua TKN Arsul Sani, namun menurutnya penurunan elektabilitas Jokowi akibat hoax tidak lah signifikan.



"Ada penurunan, tetapi juga tidak kemudian anjlok. Ada lah beberapa poin aja. Nggak, cuma yang jelas di bawah 3 persen lah," kata Wakil Ketua TKN Arsul Sani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Arsul mengaku tak khawatir dengan adanya penurunan elektabilitas ini. Menurutnya, pihaknya akan lebih menggencarkan kampanye door to door di waktu yang tersisa.
"Nggak ada istilah khawatir. Soal bahwa ada di daerah-daerah tertentu elektabilitas turun itu kami sikapi positif. Positif itu dalam arti ya kita harus kerja keras lagi secara infantri. Door to door, micro canvassing, micro targettingnya ya harus lebih diintensifkan. Itu aja yang kita lakukan," ungkapnya.

Menurut Arsul, elektabilitas Jokowi juga mengalami peningkatan di beberapa daerah. Politikus PPP ini menilai elektabilitas capres nomor urut 01 itu meningkat di Jawa Barat jika dibandingkan dengan tahun 2014 lalu.

"Karena ada yang meningkat juga elektabilitasnya. Pada umumnya di Jawa Barat itu secara umum meningkat elektabilitas Pak Jokowi, kalau komparasinya dengan 2014 gitu lho. Kan 2014 itu kan Pak Jokowi kalahnya 20 poin kan itu. Kalau sekarang itu ada di daerah-daerah yang bahkan Pak Jokowi sudah unggul, tapi masih ada yang ketinggalan. Tapi saya kira pada kisaran 3 persen ke bawah," imbuhnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan saat ini penyebaran hoax sudah dilakukan secara terang-terangan dari rumah ke rumah. Ia meminta para relawan aktif menangkal berbagai isu hoax yang menyebar di masyarakat.

"Terakhir kita ini tinggal 36 hari, di banyak daerah, banyak elektabilitas kita turun karena kabar fitnah, kabar bohong dan hoax, oleh karena itu, kita ingin respons cepat. Karena ini nggak hanya dari medsos, tapi ini sudah door to door," kata Jokowi di Festival Satu Indonesia, di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (10/3).(azr/nvl)

Sumber: https://m.detik.com/news/berita/d-4462844/akui-elektabilitas-jokowi-turun-akibat-diserang-hoax-tkn-tapi-tak-anjlok?_ga=2.69666256.1146595134.1552313561-445422293.1552161039


SAHROJI,S.Pd.I

CALEG DPRD PROVINSI JATENG
DAPIL BREBES,TEGAL DAN KOTA TEGAL
PARTAI PKB
NOMOR URUT 11