17 Desember 2017

DAHSYATNYA DZIKIR HAUQOLAH

Assalamu'alaikum.

Renungan Malam .

Sahabat dan Kerabat, bagi seorang Muslim, kalimat "Laa haula wa laa quwwata illa billah" tentu bukan hal yang asing.

Dari sebuah riwayat dikisahkan bahwa pada suatu ketika, Sahabat 'Auf bin Malik RA pergi menemui Rasulullah SAW dan berkata : "Ya Rasulullah, sesungguhnya anakku Malik pergi bersamamu berperang di jalan Allah dan dia belum pulang, apa yang harus aku perbuat ? Padahal seluruh pasukan sudah pulang".

Rasulullah SAW bersabda : "Ya 'Auf perbanyaklah kamu dan istrimu mengucapkan Laa haula wa laa quwwata illa billah".

Kemudian 'Auf bin Malik RA pulang ke rumah dan istrinya bertanya : "Wahai 'Auf apa yang diberikan Rasulullah SAW ?".

'Auf bin Malik RA menjawab : "Beliau mewasiatkan untukku dan untukmu juga, agar kita banyak mengucapkan Laa haula wa laa quwwata illa billah".

Apa jawaban istri dari yang sholehah dan sabar ini ?.

Istrinya berkata : "Ya, sungguh benar Rasulullah SAW".

Akhirnya mereka berdua duduk dan terus berdzikir dengan membacakan kalimat Laa haula wa laa quwwata illa billah.

Sampai sa'at malam yang gelap tiba, seketika ada orang yang mengetuk pintu, 'Auf bin Malik RA-pun berdiri membuka pintu, dan ternyata yang datang adalah anaknya dengan membawa banyak sekali domba sebagai ghonimah.

'Auf bin Malik RA bertanya : "Apa ini ?".

Anaknya menjawab : "Sesungguhnya musuh menangkapku dan mengikatku dan mengikat kedua kakiku, maka ketika malam tiba aku berusaha keras untuk kabur tapi tidak bisa, karena kuatnya ikatan dikedua tangan dan kakiku. Namun ikatan itu perlahan-lahan longgar, sehingga kedua tangan dan kakiku bisa lepas, maka aku bisa datang sekarang dengan kambing-kambing ghonimah ini".

Kemudian 'Auf bin Malik mendatangi Rasulullah SAW untuk menyampaikan kabar ini kepada beliau.

Namun sebelum 'Auf bin Malik RA memberi kabar ini kepada beliau, Rasulullah SAW telah bersabda kepada 'Auf bin Malik agar bergembira, karena Allah SWT telah menurunkan ayatnya tentang ini, dimana Allah SWT berfirman : "Barang siapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu". (QS Ath-Thalaq : 2 - 3).

Maha Suci Allah dengan segala firman-Nya.

Sahabat dan kerabat, itulah salah satu "kedahsyatan" bacaan Laa haula wa laa quwwata illa billaah ini.

Jadi, mari kita biasakan untuk membacakan kalimat ini, dan semoga kita akan bisa mendapatkan berkah, pahala dan keutamaannya.

Laa haula wa laa quwwata illa billaah.

Aamiin Yaa Rabbal'alaamiin.

Wassalamu'alaikum Wr Wb