13 Mei 2013

LATIHAN AEROBIK BIKIN SISWA LEBIH PINTAR

Jakarta, Sekolah-sekolah mungkin perlu membuat program tambahan senam aerobik bersama sebelum pelajaran dimulai. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aerobik dapat meningkatkan kinerja mental pada anak-anak, seperti halnya pada orang dewasa yang lebih tua.

Sangat memprihatinkan melihat banyak sekolah yang justru mengurangi jam olahraga dan menggantinya dengan tambahan pelajaran. Hal ini bukan berarti buruk, tetapi sebuah studi terbaru menunjukan bahwa para siswa dengan fisik yang aktif, benar-benar dapat mengerjakan tes matematika dengan baik dan lebih terampil membaca.

Peneliti mengevaluasi data dari para siswa sekolah dasar dan siswa SMU terhadap nilai ujian Matematika dan kemampuan bahasanya. Dalam penelitian tersebut, peneliti juga memperhitungkan aktivitas fisik, indeks massa tubuh (BMI), apakah anak-anak mendapat makan siang atau tidak, atau faktor-faktor lain yang diketahui dapat merugikan akademisi siswa.

Hasilnya diketahui bahwa para siswa yang terlibat dalam kegiatan aerobik, 2,4 kali lebih mungkin lulus dalan tes matematika daripada siswa lain yang kurang aktif. Siswa tersebut juga 2,2 kali lebih mungkin lulus dari tes membaca.

Penelitian ini mendukung gagasan sebelumnya bahwa kebugaran dan berat badan mungkin tidak selalu terhubung. Di mana penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa lebih penting untuk menjadi bugar daripada menjadi kurus.

Senam aerobik dinilai merupakan latihan moderat yang paling pas untuk menjaga agar anak-anak tetap bugar. Aerobik mendukung peran penting dari aktivitas fisik dalam kesehatan kognitif dan mental, sehingga orang tua atau guru perlu memotivasi para siswa.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di Lincoln Public School dan Creighton University di Nebraska, kemudian dipublikasikan dalam Journal of Pediatrics, seperti ditulis The Doctor Will See You Now, Jumat (15/3/2013).

Sumber : detik.com