11 Maret 2019

ANGIN PUTING BELIUNG MENERJANG



BREBES – Bencana alam berupa angin puting beliung atau angin kencang melanda i wilayah Desa Malahayu Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Rabu 6 Maret 2019. Akibatnya puluhan atap rumah di desa tersebut rusak. Sebagian di antaranya hilang terbawa angin.

Kapolsek Banjarharjo AKP Kemal Hasan mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, hujan lebat terjadi sejak pukul 13.00 WIB. Hingga akhirnya angin puting beliung terjadi.
“Bencana alam angin puting beliung itu, mengakibatkan atap rumah warga Blok 1, Blok 2 dan Blok 3 Ds. Malahayu Banjarharjo mengalami rusak,” ucap Kemal Hasan.
Kerusakan rumah akibat angin puting beliung di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Brebes. (Foto: Istimewa)
Ia menjelaskan, angin puting beliung mulai muncul dari arah utara berbelok ke timur. Untuk sementara rumah warga yang atap rumah rusak di Blok 1, 2 dan 3 Desa Malahayu, antara lain sebagai berikut :
Blok 1 Rt. 06 / 02 = 31 rumah.

Blok 2 Rt. 07 dan 08 / 03 = 32 rumah.

Blok 3 Rt. 09 dan 10 / 04 = 14 rumah.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kendati demikian, jumlah kerugian hingga kini masih belum bisa ditaksir. “Untuk jumlah kerugian saat ini masih dalam pendataan rumah warga yang rusak,” jelasnya.
Sedangkan upaya penanganan darurat yang dilakukan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemdes Malahayu untuk bersama mengevakuasi warga dan membantu warga yang atap rumahnya mengalami kerusakan. “Sampai saat ini situasi sekarang di wilayah Banjarharjo masih hujan,” pungkasnya.

Reporter: Fajar Eko Nugroho
Editor: Irsyam Faiz


SAHROJI,S.Pd.I

CALEG DPRD PROVINSI JATENG
DAPIL BREBES,TEGAL DAN KOTA TEGAL
PARTAI PKB
NOMOR URUT 11